Top Ad unit 728 × 90

Definisi Umum Bisnis


50416159
Adib Restu Saputra 4ia08

Bisnis
1. Pengertian Bisnis
Bisnis→berasal dari business →busy →sibuk
“Sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan”
“Suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya” (ilmu ekonomi)
Konteks : individu, komunitas ataupun masyarakat

Bisnis dalam arti luas adalah suatu istilah umum yang menggambarkan semua aktivitas dari institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari

Bisnis dalam arti sempit adalah suatu sistem menyeluruh yang menggabungkan subsistem yang lebih kecil yang disebut industri. Artinya, setiap industri dibentuk dari banyak perusahaan yang terdiri dari berbagai ukuran perusahaan dengan berbagai produk yang dihasilkannya, termasuk kegiatan pemasaran, pengembangan SDM, pengaturan keuangan dan sistem manajemennya.

Definisi Bisnis menurut Huat, T Chwee dkk (1990) : Suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat kita (business is then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society). Definisi tersebut, diharapkan adanya suatu hubungan yag saling mengisi antara bisnis dan pilihan kebutuhan dalam masyarakat kita. Setiap tindakan yang diambil dalam bisnis, akan berakibat dalam sistem sosial yang lebih besar karena sistem bisnis berhubungan dengan sistem politik, ekonomi dan sistem hukum.

Definisi Bisnis menurut Griffin dan Ebert (1996) : Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Definisi ini menitik beratkan pada kemampuan menghasilkan (produce) dan pencapaian tingkat keuntungan atau laba.

Definisi Bisnis menurut Amirullah dan Imam Hardjanto (2005) : Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create of value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of goods and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

Jenis Bisnis Informatika

Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang dimiliki Indonesia dan merupakan hasil karya asli anak bangsa. Diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2009, Tokopedia berhasil mendapatkan seed funding dari PT Indonusa Dwiutama di tahun yang sama. Atas perannya dalam mengembangkan bisnis online di Indonesia, PT Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor E-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014.  Kesuksesan yang diraih Tokopedia tidak lepas dari strategi marketing yang dirancang. Berikut ulasan tentang strategi marketing yang dilakukan Tokopedia:
1.     Mengikuti Trend Sosial Media
Proses strategi marketing yang dilakukan Tokopedia salah satunya menggunakan sosial media. Mereka aktif dalam sosial media, seperti Instagram, Tokopedia sangat mengikuti trend di Instagram dengan mengadakan live, IGTV hingga story.

2.     Memberikan Loyalty Gift untuk Konsumen
Tokopedia dalam menjalankan sosial media sering memberikan loyalty gift, seperti cashback dan giveaway kepada para konsumen. Tujuannya adalah agar para konsumen merasa puas dan tertarik untuk kembali melakukan pembelian.

3.     Menggunakan Brand Ambassador
Salah satu brand ambassador yang dipilih Tokopedia adalah Chelsea Islan. Menggunakan brand ambassador dapat menjadi strategi marketing yang menjanjikan, karena brand ambassador dapat mempengaruhi banyak orang dalam menggunakan suatu produk, dan membuat perusahaan semakin terlihat terpercaya. Saran kami adalah pilih brand ambassador yang sesuai dengan image perusahaan dan memiliki reputasi baik di mata publik.

4.     Memberikan Apresiasi
Tokopedia menjadi salah satu e-commerce yang sering memberikan apresiasi kepada para penjual. Apresiasi yang dilakukan berupa pembuatan video pada penjual yang sukses.

5.     Mengikuti Event
Salah satu event yang rutin diikuti oleh Tokopedia adalah Harbolnas ( Hari Beli Online Nasional). Tokopedia memberikan promo heboh saat event tersebut, seperti flash sale, cashback serta gift.
Itulah 5 strategi marketing yang telah dilakukan oleh Tokopedia, mulai dari mengikuti trend sampai memberikan apresiasi kepada para penggunanya.

Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan internet pelaku bisnis tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun, untuk menunjang aktivitas bisnisnya, bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai macam informasi, sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi yang tepat dan relevan. Hal tersebut mengubah abad informasi menjadi abad internet.
Penggunaan internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan. Pemasaran di Internet cederung menembus berbagai rintangan, batas bangsa, dan tanpa aturan-aturan yang baku. Sedangkan pemasaran konvensional, barang mengalir dalam partai-partai besar, melalui pelabuhan laut, pakai kontainer, distributor, lembaga penjamin, importir, dan lembaga bank. Pemasaran konvensional lebih banyak yang terlibat dibandingkan pemasaran lewat internet. Pemasaran di internet sama dengan direct marketing, dimana konsumen berhubungan langsung dengan penjual, walaupun penjualnya berada di luar negeri.
“Pengguna internet di seluruh dunia berkisar 200 juta, 67 juta diantaranya berada di Amerika Serikat, internet di Indonesia berlipat dua kali setiap 100 hari” (Rhenald, 2000). Dari referensi tersebut penggunaan internet untuk aplikasi strategi bisnis di Indonesia peluangnya cukup besar, tapi banyak orang tidak menyadari, karena pemain bisnis di Indonesia masih banyak kalangan tua. Menurut Rhenald "Pasar internet adalah pasar orang muda, bukan orang tua." Dugaan Rhenald berdasarkan amatan saja "Pengguna internet di Indonesia sekitar 70% berusia 20-an, sekitar 25% usia 30-42- an, sisanya usia di atas itu. Sedangkan pemain-pemain utama bisnis berusia 45-an ke atas. Mereka adalah generasi yang terlambat bersentuhan dengan internet, bahkan dengan komputerpun mereka terlambat" (Rhenald: 1999:23). 91% pengguna internet berpendidikan SLA ke atas dengan persentase pengguna SLA yang terbanyak, yaitu: 46%.
Tempat pengakses internet di Indonesia kebanyakan dari kantor(52%), warnet(26%), sekolah/kampus(19%), dan persentase lainnya di Indonesia lebih banyak dipakai untuk fasilitas e-mail, yaitu sebanyak: 42%. Penggunaan internet di Indonesia digunakan untuk keperluan bisnis sebesar: 43%, sedangkan keperluan pribadi sebanyak: 32% (Nielsen, 1999). Penggunaan internet di Indonesia untuk keperluan bisnis sebesar 43%, menunjukkan beberapa perusahaan telah menerapkan internet untuk berbisnis, yang dikenal dengan E-Business atau ECommerce.

Sumber : PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET DALAM BISNIS. Jurusan Akuntansi - Universitas Kristen Petra


Definisi Umum Bisnis Reviewed by dib on 10/24/2019 Rating: 5
All Rights Reserved by Comptika © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by MasalahTekno

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.